INSPEKSI KESEHATAN LINGKUNGAN DAMIU

INSPEKSI KESEHATAN LINGKUNGAN DAMIU (DEPOT AIR MINUM)


Inspeksi Kesehatan Lingkungan DAMIU (Depot Air Minum) telah dilaksanakan di Wilayah Kerja  Puskesmas Muara Sahung, inspeksi dilaksanakan di beberapa DAMIU di Desa Ulak Bandung ada 2 DAMIU dan 1 DAMIU di Desa Ulak Lebar.
Kegiatan ini melibatkan petugas sanitarian Puskesmas Muara Sahung dan kader desa setempat. Petugas Kesehatan Lingkungan/Sanitarian puskesmas melaksanakan pemeriksaan dengan menggunakan formulir pemeriksaan DAMIU sesuai standar yang berlaku. Hasil pemeriksaan secara fisik sebagian besar DAMIU sudah memenuhi syarat kesehatan.

 

Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) adalah badan usaha yang mengelola air minum untuk keperluan masyarakat dalam bentuk curah. Industri pengolahan air minum dalam skala kecil yang dikenal dengan nama DAMIU ini telah berkembang dengan sangat pesat, ini dapat dikatakan telah membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat atas penyediaan air minum dengan harga yang pantas dan terjangkau.  Jenis usaha ini harus mendapat pemantauan yang optimal, sehingga kualitas air hasil produksi yang dihasilkan DAMIU tidak merugikan kesehatan masyarakat. 

Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum, sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum. Air minum harus memenuhi syarat-syarat kesehatan, baik fisik kimia, radio aktif maupun mikrobiologi supaya tidak mengakibatkan gangguan kesehatan pada manusia (Depkes RI., 2010). Air yang secara fisik tidak memenuhi syarat kesehatan akan dengan mudah dihindari untuk diminum oleh manusia, misalnya air yang berbau, tidak jernih maupun terdapat rasa yang tidak biasa.
Editor by : DIYAN PERTIWI, Amd.KL
SANITARIAN PUSKESMAS MUARA SAHUNG
NUSANTARA SEHAT INDIVIDUAL III

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MONITORING PASCA PEMICUAN

KUNJUNGAN RUMAH PASIEN TB

INSPEKSI KESEHATAN LINGKUNGAN TPM